Kedai di bilangan Tegalsari Surabaya ini menawarkan nuansa unik yang boleh jadi belum ada di rumah makan lain di Surabaya.

julajuli.com

Lebih memilih makanan asing yang dijual memakai bidak dipinggir jalan daripada menu nusantara yang disajikan di resto. Masihkah Anda demikian? Bila ya, Anda kayaknya perlu bertemu dengan lebih banyak lagi para penjelajah kuliner. Atau mencoba mampir di Kedai Tua Baru guna mencicipi menu nusantara yang tersaji beda citarasanya. Gedung eks kantor asuransi di Jl. Tegalsari 25 itu, fasad depannya tampak tak berubah dari sebelumnya. Beberapa bagian yang sudah berubah warna, dibiarkan apa adanya. Seperti bangunan lama yang butuh polesan.

Interiornya juga tampil klasik, tanpa polesan mulus seperti resto modern umumnya. Tapi nuansa itu justru menghadirkan suasana yang nyaman dan homy, bagai di rumah sendiri. Di banyak sudut, kita bisa menyaksikan puluhan koleksi barang antik. Ada telepon kuno, setrika, dan banyak barang lawas berbahan tembikar yang mungkin hanya bisa kita temui di desa-desa.

julajuli.com

Irwan, owner Kedai Tua Baru, mengaku bukan kolektor barang-barang antik itu. “Tapi ini bisa memberi nuansa tersendiri kan untuk resto ini,” katanya. “Orang-orang yang datang juga bisa tahu bahkan mungkin mempelajari kehebatan teknologi masa lalu.” Nuansa yang diboyong Irwan tampak seperti memadukan pasar tradisional dan resto modern. Bahan-bahan yang digunakan dalam kondisi serba segar. Kita juga bisa menyaksikan langsung cara chef memasak (life cooking). Ini sesuai dengan tagline fresh market & kitchen yang ditonjolkan Kedai Tua Baru. Kalau pesan rujak, misalnya, kita bisa memilih bahan yang diinginkan sekaligus melihat proses peracikan hingga penyajiannya. Begitu pula bila memesan menu-menu makanan lainnya, kita bisa menyaksikan seluruh prosesnya langsung.

julajuli.com

Jangan lupa memesan menu andalan kedai ini, yaitu Buntut Rempah. Menu ini perpaduan dari racikan Indonesian & Malaysian food. Menghadirkan pedas manis yang bikin lidah bergoyang keenakan plus daging kenyal lengkap dengan lalapan lainnya yang membuat citarasa berbeda. Cukup dengan Rp 35 ribu, kita sudah bisa menikmati menu spesial itu. Bahkan Buntut Rempah bisa dibuat oleh-oleh untuk kerabat.

Anda bisa menyandingkan menu spesial itu dengan minuman es legen. Nah, mungkin inilah resto satu-satunya di Surabaya yang menghadirkan minuman tradisional legen dalam deretan menu andalannya. Selain menyajikan menu khas campuran nusantara-melayu ini, masih banyak menu lain yang bisa Anda pilih. Harganya pun sangat bersahabat kocek orang kebanyakan. Orang kantoran tampak paling banyak memilih Kedai Tua Baru sebagai rujukan kuliner.

julajuli.com

Kedai Tua Baru juga sangat cocok sebagai tempat santap bersama keluarga. Bagi anak-anak bisa bermain di playground atau belajar tentang beragam kekayaan rempah tanah air. Karena, di kedai ini disediakan tempat bermain anak, juga banyak vas yang diisi tanaman rempah kekayaan bumi nusantara. “Food for everyone,” cetusnya. “Bukan semata tentang rasa, tapi semua orang mampu membeli.” Ada banyak cerita di kedai ini, sehingga sangat cocok bila kedai ini mentahbiskan diri sebagai the story about good food begin in market.