Mungkin belum banyak yang tahu kalau kota Surabaya punya hutan bambu yang rindang dan asri.

julajuli.com

Letaknya di kawasan Keputih Tegal, bekas tempat pembuangan (sampah) akhir atau TPA, sebelah timur terminal mikrolet Keputih. Obyeknya yang cantik, kerap menjadi tempat hunting para fotografer.

Hutan bambu terbelah dalam dua area. Deretan bambu dengan daun-daun menghijau, menyuguhkan pemandangan yang indah dan suasana sejuk. Tatanan pepohonan bambu yang rapi memanjang itu dibelah oleh 4 jalur setapak. Pengunjung bisa menyusuri tiap jengkal bagian hutan.

Saat pagi hari, sinar mentari berpendar menerobos celah dedaunan bambu dan menghadirkan keindahan alam yang eksotis. Keberadaan hutan bambu ini tentu menambah daftar panjang penyeimbang keindahan kota.

Selain taman dan ruang terbuka hijau, hutan bambu bisa menjadi ikon kota yang sangat menarik bila sarana prasarana pendukungnya telah dilengkapi. Akses menuju lokasi perlu ditata, kelengkapan fasilitas di area hutan bambu juga penting dikelola dengan baik. Sudah banyak pelajar yang melakukan studi lapangan di hutan bambu ini. Seiring waktu, akan makin banyak warga kota yang memanfaatkannya untuk tempat wisata alternatif.