Memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh tiap tanggal 5 Maret, Four Points by Sheraton mengadakan kegiatan Workshop Self Defense untuk para karyawan perempuannya, Senin, (13/3). Four Points by Sheraton menjadi tuan rumah acara pelatihan beladiri tersebut mengajak 38 peserta dari empat properti Marriott antara lain Sheraton Surabaya Hotel, JW Marriott Surabaya, Fairfield by Marriott Surabaya dan Pakuwon Golf and Family Club. Bertempat di Cinnamon 1 Meeting Room, workshop self defense tersebut mengundang Woman Self Defense Kopo-ryu (WSDK) untuk memberikan pelatihan seni bela diri dasar dan praktis khususnya bagi perempuan.

julajuli.com

Berdasarkan Catatan Tahunan Komnas Perempuan 2016, terjadi 2.399 kasus pelecehan seksual dan kekerasan sebagian besar korbannya memang perempuan. “Workshop ini mengundang antusiasme peserta, terlebih bekerja di hotel tak jarang karyawati yang harus menyelesaikan pekerjaannya hingga larut malam.” ujar Birgitta Mone, PR Coordinator Four Points by Sheraton Surabaya. Workshop tidak hanya menyuguhkan seni bela diri praktis, tetapi juga menunjukkan tips-tips bagaimana menjaga diri dan menghindari kekerasan di berbagai tempat seperti angkutan umum, ruang publik maupun jalanan sepi.

julajuli.com

Workshop diawali dengan materi mengenai konsep beladiri 4P, yaitu Pray, Predict, Prevent dan Protect. Kemudian dilanjutkan dengan latihan beladiri praktis dan memanfaatkan perlengkapan sederhana perempuan. “Jadi gerakan-gerakannya memang dikemas untuk perempuan yang tidak memiliki background beladiri agar bisa mempraktekkannya.” papar Eko Hendrawan, Head Coach WSDK Indonesia. Dengan memakai alat sederhana seperti lipstick, handphone dan kartu ATM pun bisa jadi senjata untuk melindungi diri. “Harapan saya, perempuan tidak ada yang merasa lemah lagi karena prinsipnya didalam kelembutan tersimpan kekuatan.” harap dr. Wike Yong, Manager WSDK Surabaya. (Naskah/Foto:Nisa)