Rumah produksi Kaninga Pictures kembali merilis film terbaru berjudul Bid'ah Cinta. Film garapan sutradara Nurman Hakim ini mulai tayang pada 16 Maret 2017. Film ini menceritakan tentang kisah hubungan cinta yang dihalangi berbagai persoalan terkait pemahaman agama yang berbeda. Bid'ah Cinta mengisahkan hubungan asmara antara Khalida yang diperankan oleh Ayushita dan Kamal yang diperankan oleh Dimas Aditya dengan latar sebuah perkampungan Betawi namun terbentur dengan restu orang tua.

julajuli.com

Pemahaman agama yang berbeda menjadi konflik utama dalam film. Kedua pihak keluarga memiliki pandangan kuat yang saling bertolak belakang terhadap kegiatan keagamaan soal perayaan Maulid Nabi, doa Qunut, tahlilan yang kerap dikaitkan dengan bid’ah. Bagi penulis cerita ini yaitu Ben Sohib serta sutradara dengan berani mengungkapkan bahwa tema aliran agama bukan tema yang sensitif untuk diangkat dalam film tersebut. Justru malah mengajarkan tentang toleransi atas perbedaan dalam keyakinan menjalankan suatu agama. Selain Ayushita dan Dimas Aditya, film juga dibintangi Dewi Irawan, Alex Abbad, Jajang C Noer, Ibnu Jamil, Tanta Ginting, Karlina Inawati, Khiva Iskak, Fuad Idris, Ronny P Tjandra dan Yoga Pratama.

julajuli.com

Sudah banyak di dunia perfilman Indonesia yang mengangkat tema percintaan dengan nuansa agama. Namun film Bid’ah Cinta dapat memberikan sesuatu yang berbeda dari film-film yang sudah ada. “Bedanya film ini menceritakan fenomena yang benar-benar terjadi dalam masyarakat. Bisa dibilang lebih realistis dan nyata karena permasalahan perbedaan aliran itu memang masih ada sampai sekarang.” ujar Nurman Hakim, Surtradara Film Bid’ah Cinta saat on air di She Radio FM, Selasa, (14/03). Tiap film tentu selalu menyuguhkan nilai moral yang dapat diambil oleh penontonnya, termasuk Bid’ah Cinta. “Harapannya masyarakat semakin memahami bahwa perbedaan itu bukan kendala besar bagi sebuah pasangan untuk saling mencintai,” imbuh Ayushita. (Naskah/Foto:Nisa)