Sekitar 20 lukisan ramaikan lobby Singgasana Hotel Surabaya pada peringatan Hari Kartini kali ini. Berbagai sosok wanita digambarkan secara apik oleh empat pelukis dari Jawa Timur dan Bali, yaitu Fatkur Rochman, I Gede Putra Udayana, Edi Sanjaya, dan Ganda Gardian. Keempat pelukis berbeda aliran ini menggambar berbagai sosok perempuan mulai dari pemimpin perempuan, ibu, penari Bali, hingga Nyi Roro Kidul dalam bidang kanvas.

julajuli.com

Ada satu lukisan yang gambarnya cukup familiar dengan warga Surabaya, yaitu Tri Rismaharini, Walikota Surabaya. Pribadi Risma, begitu wanita ini disapa menginspirasi Ganda Gardian, pelukis asal Pulau Dewata untuk mengabadikannya dalam lukisan. “Menurut saya Bu Risma adalah sosok Kartini masa kini. Beliau adalah pemimpin yang gigih dan tanggap dengan warganya juga berani untuk memberantas hal-hal negatif”, kata Ganda. Pria beraliran ekspresionis ini mengaku menghabiskan waktu selama kurang lebih dua minggu untuk menyelesaikan karyanya.

julajuli.com

Acara yang digelar tiap tahun oleh Singgasana Hotel Surabaya tersebut adalah ajang bagi para pelukis agar dapat mengekspresikan karya dan eksistensinya dalam dunia seni lukis. Pameran yang dibuka langsung oleh mantan Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Purnawirawan Anton Setiadji pada Rabu, (19/4), ini berlangsung hingga 18 Mei 2017 mendatang.