Untuk memperingati 20 tahun sister- city Kota Surabaya dan Kochi, Pemerintahan Kota Surabaya dan Pemerintahan Kota Kochi kembali menyelenggarakan Festival Tari Remo dan Yosakoi di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Minggu, (9/7), sebagai rangkaian Cross Cuture Festival 2017. Pembukaan festival ditandai dengan pembunyian Naruko dan Gong Seng oleh Walikota Surabaya, Walikota Kochi, Ketua Komisi sister-city Surabaya-Kochi dan anggota Dewan Kochi.

julajuli.com

Tahun 2017 sendiri sudah menjadi tahun ke-15 Festival Yosakoi di Surabaya. Tidak hanya lebih dari 100 siswa yang menampilkan tari remo secara serempak. Seiya Okazaki, Walikota Kochi, dan beberapa anggota Dewan Kochi pun memeriahkan festival ini dengan Tarian Yosakoi. Sebanyak 36 grup peserta Tari Remo dan 30 grup Tari Yosakoi berlomba untuk memperebutkan berbagai penghargaan serta penghargaan tertinggi yaitu Juara Umum yang mendapatkan Piala Walikota Kochi.

julajuli.com

Pada festival, terdapat booth yang dibuka untuk lebih mempromosikan Kota Kochi mulai dari pariwisata, makanan dan ciri khas kota Kochi lainnya. “Kami berharap dengan adanya festival ini bisa menjadi daya tarik untuk Surabaya. Dan semoga kerjasama Surabaya-Kochi ini bisa lebih meluas, termasuk di bidang teknologi”, ujar Khaori Morohira Konsul Muda Jepang di Surabaya. (Naskah:Findia/Foto:Nydia)