Google Local Guides membantu jutaan orang untuk menemukan tempat melalui Google Maps. Sebagai bentuk penghargaan, Google mengundang 150 superstar Local Guides dari seluruh dunia untuk merayakannya selama 2 hari di Google Headquarters. Dan pada tahun 2017, Google Local Guide pun menyelenggarakan Google Local Guide Summit 2017. Gelaran kedua oleh Google tersebut bertujuan memberikan penghargaan kepada Local Guides yang telah memberikan dampak di lingkungan lokalnya.

Setelah melewati seleksi yang ketat, akhirnya terpilih 150 orang peserta dari seluruh dunia. Lima di antaranya berasal dari Indonesia dan yang tak disangka semuanya berdomisili di Jawa Timur. Mereka adalah Budiono (Surabaya), Nurul Rahmawati (Surabaya), Ahadin Syarifudin Fahmi (Sidoarjo), Nunung Afuah (Blitar) dan Mutiah (Malang). Google Local Guide Summit 2017 sendiri akan digelar di San Francisco, California, Amerika Serikat. Peserta juga bakal mengunjungi Google Headquarter di Mountain View.

“Waktu Google membuka pendaftaran peserta Summit 2017 awalnya ragu untuk ikut, tapi di hari terakhir pendaftaran, istri saya terus menyemangati untuk mencoba. Alhamdulillah terpilih padahal videonya dibikin 1 jam sebelum penutupan,” kata Budiono, salah satu perwakilan Indonesia dalam Google Local Guide Summit 2017 yang dalam kesehariannya bekerja sebagai Konsultan Internet Marketing dan SEO serta YouTuber yang sering mereview kuliner-kuliner di Surabaya, Kamis, (24/8). Mereka pun akan bertolak ke Amerika pada tanggal 9 Oktober 2017 untuk mengikuti acara digelar pada tanggal 10, 11 dan 12 Oktober.