Berbentuk bulat, agak tebal dengan adonan lembut di dalamnya membuat Kue Lumpur menjadi jajanan tradisional favorit banyak orang. Dalam beberapa acara-acara tertentu seperti acara keluarga, pernikahan atau khitan, Kue Lumpur merupakan salah satu kue yang wajib ada. Namun tidak ada salahnya juga menikmati kudapan ini saat City Explorer sedang bersantai atau dijadikan sebagai teman untuk minum teh.

Salah satu produsen Kue Lumpur di Surabaya yang banyak digemari adalah Kue Lumpur Enaque. Berawal dari snack box kue basah pada sekitar tahun 2005, kini Anwarrudin, owner Kue Lumpur Enaque, hanya fokus menjual Kue Lumpur. “Selama 10 tahun berjualan snack box kue basah, top request dari pembeli itu ya Kue Lumpur. Akhirnya saya putuskan kira-kira pada Bulan Juni 2015 untuk menjual Kue Lumpur saja,” ujar Anwarrudin.

Keputusan Anwarrudin pun bergayung sambut. Hingga sekarang Kue Lumpur Enaque memiliki tiga outlet yang siap melayani penggemar setianya. Yaitu berlokasi di Bendul Merisi Indah 49 yang merupakan pusat Kue Lumpur Enaque serta dapur, Menanggal /29 dan Superindo Yakaya-Rungkut. Buka Hari Selasa-Minggu mulai pukul 10.00 sampai habis. Bahkan dalam waktu dekat, outlet terbarunya di Jalan Biliton juga bakal dibuka.

julajuli.com

Wajar saja bila Kue Lumpur Enaque mempunyai banyak pengemar. Karena memang rasanya enak, teksturnya lembut dan empuk. Serta yang paling penting, tidak beraroma ‘telur’. “Dulu Enaque hanya terdapat varian rasa original dan degan. Lalu saya mengembangkan beberapa varian rasanya, yakni pandan, mocca, durian, nangka dan keju. Total ada tujuh varian. Dengan varian-varian yang baru tersebut, Kue Lumpur Enaque bisa dibilang adalah Kue Lumpur yang modern,” katanya menambahkan.

Tidak bisa bertahan lama, Kue Lumpur Enaque selalu mengedepankan kualitas kue yang dijual. Anwarrudin mengaku bila sehari rata-rata ia bisa menjual 500-600 pcs Kue Lumpur. Dengan jumlah tersebut, tiap harinya Anwarrudin memroduksi Kue Lumpur secara bertahap. Pada pukul 07.00, 11.00 serta 13.00. Sehingga ketika dijual, Kue Lumpur Enaque masih ‘fresh’. Untuk harga, Kue Lumpur Enaque dibanderol dengan harga Rp 4.000,00-Rp 4.500,00 per pcs tergantung varian rasa.