Entah sedari kapan minuman tahuwa ini ada. Yang jelas, rasa khasnya setangkup dengan lidah banyak orang. Sehingga, tahuwa sering kita jumpai berkeliling kampung atau di tempat mereka menetap di banyak sudut jalanan kota Surabaya. Saat penulis mengunjungi lapak Cak Man, panggilan akrab Suparman, yang menjual tahuwa di bilangan Raya Gunungsari Surabaya, cuaca sedang panas terik. Tapi, saat itu jualannya ramai diserbu pembeli, antri silih berganti. Pemeo yang menyebut karakter minuman hangat tahuwa, seperti juga minuman angsle dan ronde, cocok untuk menemani cuaca dingin, tak berlaku.

Kebanyakan pembeli tahuwa Cak Man diseruput di tempat, tapi tak sedikit yang membeli untuk dibungkus dibawa pulang. Layaknya drive true, mereka tak perlu turun dari kendaraan, dan kemudian langsung melanjutkan perjalanan. Posisi jualan Cak Man yang berada di sudut pintu keluar kompleks pertokoan, tepat di samping SPBU Gunungsari memang memungkinkan bagi pembeli merasa aman tak turun dari kendaraan.

julajuli.com

Cak Man sudah berjualan hampir 10 tahun di situ. Tak pernah berpindah tempat, membuat pembeli mudah menemukan lokasinya. Pelanggannya bertambah dari waktu ke waktu. Bayangkan, dari hanya 1,5 kilogram saat awal berjualan, kini mencapai 7 kilogram. Dulu membutuhkan waktu berjualan dari pagi sampai petang, untuk menghabiskan jualan tahuwanya, kini cukup membuka dagangan pada pukul 10.00 wib, dan sekitar jam 2 siang sudah tutup dagangan.

Sekarang, Cak Man tersenyum lega karena jualan tahuwanya sudah ramai, banyak dikenal orang, dan menguntungkan. Dibantu seorang kerabat, Cak Man tak perlu lagi genjot energi untuk memberikan pelayanan memuaskan kepada pelanggan.

julajuli.com

Dilihat dari antrian pembelinya, tahuwa Cak Man tergolong istimewa. Hilir mudik pembeli, menyisakan senyum puas setelah menikmati tahuwa. Manis pedasnya pas, campuran kacang tanah dan kacang ijonya menggoda, santan pelengkapnya menambah selera.

Tahuwanya sendiri lentur lembut merata, sehingga nikmat di lidah. Pedas jahe beraroma daun pandan dalam kuahnya setara. Tak berlebihan, tak membuat dahi mengernyitkan tanya. Hanya dengan Rp 6.000,00, kita sudah bisa menikmati tahuwanya.

Cak Man hanya satu contoh dari sekian banyak penjaja tahuwa lainnya yang tersebar di Surabaya. Di bilangan Raya Gunungsari merupakan satu sentra, di tempat lainnya kita bisa menjumpainya di bilangan Darmo Harapan, Kapas Krampung, Nginden, dan banyak tempat lainnya yang bisa Anda tambahkan daftarnya. Selain itu, tahuwa tak melulu dijajakan di pinggir jalan. Tahuwa juga sudah bisa dinikmati di mall-mall di Surabaya, antara lain di Cincau Station Fresh Market Citraland Surabaya.