Kawasan Ampel memang dikenal dengan kelezatan kuliner Timur Tengahnya. Dari yang kaki lima hingga restoran, bisa dipastikan rasanya selalu nikmat. Termasuk beberapa di antaranya adalah Syawarma dan Kebab. Meski merupakan jajanan khas Timur Tengah, namun kudapan ini memiliki banyak penggemar di Surabaya.

Syawarma termasuk makanan cepat saji. Isian dan toppingnya selalu berbeda di tiap negara. Di beberapa negara, misalnya Yordania, Libia, Suriah, Israel, Libanon, Pakistan, Turki, Mesir, India dan Arab Saudi, Syawarma kadang dihidangkan bersama kentang goreng. Bumbu untuk Syawarma biasanya tahini (tahina), saus amba (acar mangga dengan cabai), hummus atau dibumbui dengan cuka dan rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis dan pala. Tidak lupa saus mayonaise, toum (saus bawang putih) atau skhug (saus cabai panas).

julajuli.com

Sementara itu soal Kebab, masyarakat Indonesia sendiri sering salah kaprah dengan istilah tersebut. Karena di negara-negara asalnya, Kebab adalah daging yang lebih mirip sate. Namun di Indonesia, Kebab adalah jajanan yang memiliki kulit tortilla dengan isi daging di dalamnya.

Lalu mari kita abaikan saja perbedaan istilah Kebab ini. Bila City Explorer pecinta kuliner Timur Tengah, khususnya jajanannya, cobalah datang ke Jalan KH. Mas Mansyur, sekitar Hotel Kemajuan. Maka Anda akan menemukan penjual Syawarma serta Kebab yang menjadi favorit masyarakat Surabaya. Sebuah rombong dengan dominasi warna merah bertuliskan Syawarma Kebab Ampel.

Di sini, Syawarma yang dijual terdiri dari roti yang tengahnya diisi dengan irisan daging sapi panggang dengan rempah khas Timur Tengah, selada serta saus mayonnaise dan saus sambal. Rotinya mirip roti pita atau yang digunakan pada hot dog. Sedangkan kebab terdiri dari kulit tipis yang memiliki cita rasa gurih dengan isian yang sama seperti Syawarma.

julajuli.com

“Kami buka sejak 2001, dulu awalnya hanya menjual Syawarma. Terus pada tahun 2003 baru jual Kebab. Sekarang yang lebih laris malah Kebabnya. Menu-menunya ini merupakan hasil dari kreasi owner kami, Pak Hasan Baraja,” jelas Ainul Yakin, Karyawan Syawarma Kebab Ampel.

Satu porsi Syawarma dan Kebab dibanderol mulai harga Rp 11.000,00 – Rp 14.000,00. Tergantung varian yang dipilih. Original atau keju. “Sehari sih kami stok daging sapi bisa sampai kurang lebih 15 kg. Untuk jam buka, kami setiap hari buka dari jam 16.00-22.00. Tapi seringnya jam 21.00 kami sudah tutup. Karena sudah habis duluan,” tutup Ainul.