Dibagi menjadi tiga sesi, yakni Tea Tasting, Tea Pairing dan Tea Blending, acara yang digelar Havelteh bersama Konsulat Jendral A.S di Surabaya tersebut berlangsung interaktif, Jumat, (9/02). Sekitar 20 peserta aktif bertanya mengenai seluk beluk teh. Havelteh sendiri rutin mengadakan event serupa dan kali ini terasa spesial karena diselenggarakan di Kantor Konsulat Jendral A.S di Surabaya. “Kami telah menggelar Story TEAlling sebanyak enam kali. Tujuan utamanya agar masyarakat lebih mengenal teh-teh asli Indonesia. Salah satu concern Havelteh memang memberikan edukasi,” ujar Widyoseno Estitoyo, Owner Havelteh yang juga menjadi Alumni of International Visitor Leadership Program (IVLP).

julajuli.com

Di sesi pertama, peserta diajak mencoba enam jenis teh yang terbagi menjadi dua macam teh, White Tea dan Black Tea. “Caranya adalah dihirup terlebih dahulu. Gelas didekatkan hidung. Kemudian meminumnya dengan disesap. Sehingga kita bisa merasakan aroma, tingkat ‘sepet’nya serta kekuatan rasanya,” jelas Seno, sapaan akrab Widyoseno. Kemudian di sesi kedua, peserta diajak memadu madankan teh dengan makanan. Dan di sesi terakhir, peserta terlihat antusias sekali untuk meracik teh. “Untuk meracik teh, setiap bahan sebaiknya dicoba satu per satu dulu. Dan harus hati-hati saat meracik teh, karena terdapat bahan-bahan yang tidak cocok satu dengan yang lainnya. Malah merusak rasa. Contohnya seperti Jahe yang dicampur dengan Lavender,” tambah Seno.

julajuli.com

Sementara itu, Konsulat Jendral A.S di Surabaya menyambut dengan baik kegiatan Story TEAlling. “Mayoritas persepsi orang ketika mendengar kata Konjen Amerika adalah resmi, terus kaku. Padahal tidak. Kami terbuka terhadap segala jenis kegiatan. Kebetulan acara hari ini sesuai dengan salah satu program kami yaitu Startup Series dan untuk kegiatan selanjutnya, kami bekerja sama dengan Ojesy atau Ojek Syar’i Indonesia. Konjen Amerika memiliki visi menjadi tempat untuk orang lain datang dan bisa berkarya. Makanya kami sering menyelenggarakan workshop-workshop yang terbuka untuk umum dan gratis,” pungkas Christian Natamado Simanullang, My America Surabaya Director. Chris juga mengingatkan untuk selalu memantau akun Instagram : @myamericasurabaya untuk update kegiatan terbaru.