H. Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo, menobatkan RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo atau yang lebih dikenal sebagai “Kampung Edukasi Sampah” sebagai Kampung yang terinovasi di Kabupaten Sidoarjo. Penghargaan tersebut disampaikan pada saat malam penganugerahan Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) Zero Waste Academy 2017-2018 kepada Edi Priyanto, Ketua RT.23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, di Alun-alun Sidoarjo Sabtu, (10/03). Kompetisi Zero Waste yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo ini bertujuan agar merubah mindset masyarakat Sidoarjo dalam hal pengelolaan sampah yang baik dan benar.

julajuli.com

Mengingat masih banyak dijumpai sampah yang menyebar ditempat yang tidak semestinya di kawasan Sidoarjo seperti pinggir jalan, sungai dan lain lain. Salah satu program DLHK kabupaten Sidoarjo adalah mewujudkan manajemen sampah yang baik sehingga kebersihan dan keindahan di Kabupaten Sidoarjo akan semakin meningkat dengan tata kelola sampah yang benar. Edi meyakini apa yang telah diupayakan Pemkab Sidoarjo dengan penyelenggaraan Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) Zero Waste Competition ini akan memberikan dampak yang besar kepada masyarakat Sidoarjo khususnya dalam hal perubahan kebiasaan memilah dan mengolah sampah dengan benar.

julajuli.com

Saat ini, Kampung Edukasi Sampah telah mulai ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah lain khususnya para pelajar dari berbagai sekolah untuk belajar mengelola sampah seperti bagaimana pengolahan sampah rumah tangga menggunakan komposter tong takakura maupun komposter aerob serta pembuatan pupuk cair organik yang juga berasal dari sampah rumah tangga. Mereka pun sekaligus dapat berwisata karena d ilokasi Kampung Edukasi Sampah karena telah tersedia banyak spot 3D untuk berfoto ria selfie dan wefie maupun sekedar bermain permainan tradisional tempo dulu seperti aneka engklek, gobak sodor, ular tangga, boi boian dan permainan lainnya.