Saat pulang kampung, masalah yang sedikit menyusahkan adalah packing. Biasanya mayoritas orang membawa barang yang lebih banyak ketika mudik daripada travelling. Agar tidak ribet, begini tipsnya :

·         Kurangi membawa barang yang tidak berguna, seperti aksesoris. Aksesoris tentunya akan menunjang penampilan. Cukup bawa yang berwarna netral agar bisa dipadukan dengan busana-busana yang dibawa.

·         Agar muat banyak, gulunglah pakaian sampai berbentuk lebih kecil dari biasanya, bukan cuma dilipat. Lalu jangan lupa bawa kantong plastik. Kantong plastik berguna untuk menaruh pakaian kotor nantinya. Pakaian kotor pun harus digulung dengan rapi agar tidak membuat penuh tas yang digunakan.

·         Jangan terlalu banyak membawa koper. Jika perlu, angkut semua barang dalam satu koper. Misalnya, satu koper khusus untuk orangtua dan satu koper untuk anak. Hindari membawa tas kecil atau koper dalam jumlah banyak, karena saat bepergian nanti, bisa saja ada tas yang tertinggal.

·         Gunakan organizer khusus untuk kabel dan semua gadget. Bisa juga gunakan satu tas kecil atau pouch yang dikhususkan untuk kabel dan gadget.

·         Mainan memang penting untuk menjaga anak Anda tetap terhibur selama perjalanan mudik. Namun, batasi anak untuk tidak membawanya terlalu banyak, karena justru akan merepotkan.