Akhir-akhir ini Gelato kian digemari. Namun ternyata es krim tradisional pun rasanya tidak kalah nikmat dibandingkan Gelato. Ya, apalagi jika bukan es puter! Sekilas es puter tidak memiliki perbedaan dengan es krim biasa. Namun setelah dicicipi, es puter mempunyai rasa gurih khas yang berasal dari santan. Sedangkan es krim biasa dibuat dari susu. Soal nama, bisa disebut es puter karena pembuatan es krim ini yang diputar-putar.

Es puter yang masih cair terlebih dahulu dimasukkan ke dalam sebuah tabung. Kemudian tabung tersebut dimasukkan dalam sebuah wadah yang lebih besar. Lalu di sekeliling tabung diberi bongkahan es batu serta ditaburi garam kasar. Setelahnya, tabung diputar-putar hingga bentuk es puter menjadi padat.

julajuli.com

Di Surabaya sendiri, ada penjual es krim yang menjadi favorit khalayak ramai, yakni Es Puter Aneka Rasa Pak Min. Berlokasi di seberang IBC Bonnet Manyar, Es Puter Pak Min buka mulai 16.30 hingga habis, sekitar pukul 20.00.

Seperti namanya, yakni Aneka Rasa, terdapat bermacam rasa es puter yang bisa City Explorer pilih. Misal Durian, Kelapa, Kacang Ijo, Nangka, Cokelat, Alpukat, Tape Ketan, Sirsak dan Leci. Bukan hanya sekedar rasa, di dalamnya terdapat buah asli yang dipotong kasar. Sekali suap, Anda dapat merasakan potongan buah asli ini. Hmm, menarik bukan? Apalagi santan yang dipakai adalah santan fresh. Sehingga tidak heran bila cita rasanya sangat menyegarkan. Apalagi dinikmati di saat Surabaya yang sedang panas-panasnya.

julajuli.com

“Kami mulai jualan es puter sejak tahun 1995. Awalnya cuma tiga tabung saja jualannya. Tapi sekarang sehari bisa 10-12 tabung. Kami juga menerima pesanan es puter per tabung,” jelas Tikno, anak dari Pak Min. City Explorer yang ingin memesan Es Puter Aneka Rasa Pak Min bisa langsung menghubungi nomor 081554471114.

Soal harga, City Explorer tidak perlu khawatir. Karena sangat terjangkau. Hanya Rp 3.000,00 per scoopnya atau Rp 15.000,00 per cup. Anda pun bebas memilih rasanya. Harga tersebut juga sudah termasuk topping mutiara serta irisan dadu roti tawar.