Roadshow safety riding ke kampung-kampung di Surabaya telah mengunjungi Kampung Kembang Kuning RT 8 RW 9, Surabaya, Sabtu (3/11/2018). Acara yang mengambil lokasi di Jl. Hamzah Fansuri itu, diikuti meriah oleh warga, yang kebanyakan ibu-ibu, sebagian para bapak, dan anak-anak. Mereka tampil antusias dengan berbagai rangkaian kegiatan. Ada tari anak-anak, penampilan yel-yel ibu-ibu, dan lomba balap bakiak.

julajuli.com

Erma Zanuriah, Ketua PKK, menuturkan warga memang sangat senang dengan acara semacam itu. “Sebagai wujud antusias itu, kami telah menyiapkan berbagai acara yang menarik agar semua warga tertarik mengikuti. Termasuk kami juga merias kampung menjadi lebih cantik,” katanya. Dan memang, begitu acara sosialisasi penyadaran akan pentingnya berkendara aman dimulai, warga berduyun dan berkumpul di lokasi acara. Mereka tampak tekun menyimak penjelasan dari narasumber.

Bripka Rachmat, menegaskan pengendara harus cerdas saat melaju di jalan raya. “Harus memiliki intuisi dan ketajaman analisa dalam memahami komunikasi yang terjadi di jalan raya,” jelasnya. Ia mencontohkan, ketika ada pengendara di depannya yang condong menoleh pada sisi tertentu, artinya ia akan belok ke arah yang dituju. Meskipun mungkin dia lupa menyalakan lampu sein, hendaknya kita jangan mengarahkan kendaraan ke sisi yang dia tuju. Dan banyak bentuk komunikasi lain yang terjadi di jalan raya.

julajuli.com

Demikian pula yang ditegaskan Sartono, Dishub Surabaya. “Pengendara yang cerdas artinya memiliki pemahaman tentang rambu-rambu lalin dan mematuhinya. Pengendara yang cerdas bukan hanya memikirkan keselamatannya semata, tapi juga keselamatan orang lain sehingga mematuhi aturan saat berkendara,” katanya.