Kamis (6/12) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III resmi meluncurkan pusat kontrol layanan kepelabuhanan dan bongkar muat atau Port Operations Command Center (POCC) pertama di Indonesia. POCC yang ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional melalui integrasi teknologi. Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Hernadi Tri Cahyanto, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Dwi Budi, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, dan CEO Regional Jatim Pelindo III Onny Djayus, serta para pengguna jasa.

julajuli.com

Putut Sri Muljanto mengatakan, POCC akan beroperasi selama 24 jam non-stop dalam 7 hari, dengan diperkuat 64 operator yang bekerja secara terjadwal. POCC di Tanjung Perak ini adalah yang pertama kalinya dihadirkan di Indonesia, dan akan dikembangkan secara bertahap. Kedepannya, akan dibangun POCC di seluruh regional pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III. “Agar manfaat efisien dari peningkatan produktivitas operasional melalui integrasi teknologi seperti POCC bisa juga dirasakan merata oleh para pengguna jasa di pelabuhan-pelabuhan lainnya. Jadi semangatnya tetap, yaitu inovasi untuk efisiensi biaya logistik nasional,” harapnya.

julajuli.com

Sebelum adanya POCC, proses permohonan administrasi pelayanan kapal masih terpisah dan melibatkan berbagai pihak, antara lain pelayanan kapal dan terminal, namun dengan kehadiran POCC, mulai dari proses perencanaan hingga pelayanan kapal, dan pengendalian bongkar muat termonitor dalam satu pintu yang terpusat. Sehingga, prosesnya dapat menjadi lebih efisien dan efektif baik dari sisi tenaga ataupun waktu, serta akan menguntungkan pengguna jasa. POCC tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi Pelindo III untuk memudahkan koordinasi antar terminal dan mempercepat pelayanan kapal mulai dari perencanaan hingga aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak. (Naskah: Ayu)