Industri Pariwisata Singapura mencetak rekor baru dalam pertumbuhan jumlah devisa pariwisata (tourism receipt) dan kunjungan wisata (visitor arrivals) selama tiga tahun berturut-turut. Pertumbuhan devisa pariwisata sebesar 1,0% dan kunjungan wisata sebesar 6,2% tidak lepas atas sumbangsih wisatawan Indonesia yang menduduki angka kedua setelah China.

julajuli.com

Tercatat mulai Januari hingga September 2018, devisa pariwisata dari wisatawan Indonesia tumbuh sebesar 8% dan melampaui pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia yang mencapai 2%. “Pasar Indonesia masih tetap kuat di 2018, meskipun mata uang rupiah melemah, namun kami senang dengan masih tumbuhnya belanja para wisatawan Indonesia. Ini sesuai dengan strategi kami dalam mengejar Pariwisata Berkualitas dan menegaskan kembali tentang masih kuatnya daya tarik Singapura sebagai salah satu tujuan utama perjalanan luar negeri bagi warga Indonesia,” ujar Mohamed Firhan selaku Direktur Area STB untuk Indonesia pada Kamis, (14/2).

julajuli.com

Pertumbuhan pesat juga diliat dari sisi wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura dimana lebih dari 3 juta wisatawan Indonesia didominasi oleh wisatawan yang berasal dari berbagai kota-kota di luar Jakarta. “Fokus kami dalam mendorong pertumbuhan wisatawan dari luar Jakarta membuahkan hasil, terutama dengan keputusan untuk membuka kantor regional STB kedua di Surabaya pada Oktober 2017,” imbuh Firhan. (Naskah: Jeco)