Mulai menggeluti panggilannya sebagai seorang seniman di tahun 2017, Immanullah Nur Amala atau sering disapa AIM berhasil menggelar Pameran Tunggal yang diprakarsai oleh Artotel Project Series (APS). Berbagai cerita yang ia tuangkan dalam coretan di atas kanvas dapat dinikmati sejak tanggal 23 Pebruari hingga 31 Maret 2019 di Artspace Artotel Surabaya.

julajuli.com

Berangkat dari sosoknya sebagai anak desa, seniman yang sekarang menetap di Batu, Jawa Timur ini telah mengenal berbagai serangga sedari kecil. Baginya serangga menjadi salah satu hewan yang dapat menyampaikan berbagai macam pesan alam dan hal inilah yang membawanya untuk bercerita dengan menampilkan serangga sebagai figur utama. “Serangga merupakan hewan yang dapat menyampaikan pesan tentang alam, dimana saya pernah juga membaca artikel jika sebuah masih memiliki udara yang alami maka disitu masih dapat dengan mudah ditemui kupu-kupu,” ujar seniman kelahiran 1996 ini.

Ketujuh karya yang ia pamerkan dengan mengangkat tema “Insting” berhasil dirampungkan dengan kurun waktu 1 bulan. Menamai salah satu karya dengan judul “Imun”, ia hendak bercerita mengenai dirinya yang pernah mengalami sebuah penyakit. Meski menggambarkan tentang dunia dalam tubuh menurut persepsinya, ia tetap menghadirkan seekor serangga yang merepresentasikan dirinya. (Naskah dan foto: Jeco)