Meskipun pemandangan alam bukan menjadi daya tarik utama pariwisata kota, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupdar) Kota Surabaya tak kehabisan akal untuk meningkatkan potensi pariwisatanya dari sudut lain. Dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan sejuta sejarahnya, Surabaya sedang melakukan revitalisasi pada kawasan kota lama yang meliputi Jalan Panggung, Jalan Karet, dan Jalan Kembang Jepun.

julajuli.com

Jalan Panggung menjadi salah satu kawasan kota lama yang telah rampung digarap dengan sapuan warna-warni pada bangunan di sepanjang jalan tersebut. Jalan Panggung menyatukan berbagai komunitas penduduk di dalamnya yaitu Arab, Cina, Jawa, dan Madura sekaligus menjadi pusat perdagangan sejak zaman kerajaan hingga penjajahan. Infrastruktur pendukung sedang disiapkan agar semakin mendongkrak potensi Jalan Panggung menjadi destinasi wisata yang menyuguhkan berbagai cerita bersejarah.

julajuli.com

Usaha membangkitkan suasana penuh sejarah pada kawasan yang menghubungkan daerah Pecinan dengan Arab ini mendapatkan support dari PT. Indana Paint. Sebagai perusahaan cat buatan anak negeri, Indana Paint juga sukses mewarnai beberapa perkampungan di Surabaya diantaranya Jalan Putat, kampung lawas Maspati, kawasan Bulak, dan kampung warna-warni di Malang. (Naskah: Jeco)