Kelahiran satwa endemik yang satu ini menjadi kabar baik yang ditunggu banyak orang. Masuk ke dalam jenis satwa langka, 74 telur komodo berhasil menetas dari 7 induk Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Komodo generasi ke empat ini menjadi angkatan terbanyak yang memenuhi kandang Komodo di KBS.

julajuli.com

Chairul Anwar, Direktur Utama KBS menuturkan sedari masa bertelur, Komodo selalu dalam pengawasan 24 jam oleh keeper. Hal ini dilakukan untuk memastikan telur Komodo yang keluar tidak rusak akibat serangan Komodo lain. “(Komodo) termasuk dalam satwa aktif dan tipenya hunter, jadi harus diamati terus agar tidak memangsa temannya yang dalam kondisi lemah,” ujarnya saat ditemui di KBS pada Selasa (5/3).

julajuli.com

Sebagai satu-satunya kebun binatang di Indonesia yang berhasil menetaskan telur Komodo, KBS memberikan perawatan maksimal sesuai usia. Dalam hal pangan dan kandang, komodo dengan usia di bawah 6 bulan akan dirawat intensif. Pada usia 2 minggu ke bawah akan diberi makan kuning telur. Ketika memasuki usia lebih dari 2 minggu pakan akan ditambah dengan daging cincang 2 kali seminggu. Menginjak usia 5 tahun, Komodo akan dilepas di kandang yang lebih luas dengan pakan kambing utuh dua kali seminggu. (Naskah dan foto: Jeco)