RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan Sidoarjo yang selama ini dikenal dengan Kampung Edukasi Sampah, hari Sabtu, 30 Maret 2019 deklarasikan kampungnya menjadi kampung pertama di Sidoarjo yang bersih dari Narkoba. Predikat bergengsi sebagai Pilot Project pertama kalinya di Kabupaten Sidoarjo tersebut diberikan langsung oleh Kapolresta Sidoarjo. Ditandai dengan penempelan stiker di sejumlah rumah warga dan penandatanganan komitmen deklarasi.

julajuli.com

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mengatakan, kampung yang dinyatakan bebas narkoba adalah kampung yang masyarakatnya tidak pernah tersangkut kasus narkoba. Sebelumnya, juga dilakukan survei dan penilaian serta dinyatakan lolos seleksi oleh tim gabungan dari Polresta Sidoarjo. Warganya pun memiliki komitmen dan semangat bersama menyatakan perang dan memerangi terhadap segala macam bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

julajuli.com

Zain menambahkan, Saat ini kasus hukum yang paling banyak terjadi ditangani pihaknya adalah kasus penyalahgunaan narkoba.“Kita semua berharap dengan deklarasi ini (Kampung Bebas Narkoba) akan menjadi contoh kampung-kampung lainnya. Sekardangan ini menjadi kampung pertama di Sidoarjo yang menyatakan deklarasi bebas narkoba, warganya memiliki komitmen dan peduli terhadap kesehatan lingkungan,” kata Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.