Umumnya pura bisa ditemui dengan mudah di Bali. Tapi tak perlu jauh ke sana, karena di Surabaya terdapat Pura Agung Jagat Karana yang merupakan pura khayangan di Surabaya. Memiliki luas area sebesar 7.700 m2 menjadikan Pura Agung Jagat Karana sebagai pura terbesar sekaligus pusat kegiatan agama hindu seperti melasti, tawur agung, dan nyepi di Surabaya.

julajuli.com

Memasuki Pura Agung Jagat Karana anda akan disambut dengan candi bentar atau gapura di pintu masuk. Masuk ke area pura yang lebih dalam lagi, anda bisa melihat patung dewi saraswati yang berdiri di atas bunga teratai dengan angsa di kedua sisinya. Pura Agung Jagat Karana terdiri atas tiga bagian atau disebut juga dengan tri mandala, yaitu Nista Mandala, Madya Mandala, dan Utama Mandala.

julajuli.com

Desain arsitektur pura ini mengadopsi pura-pura yang ada di Bali, termasuk penggunaan material bangunan hingga undagi yang didatangkan langsung dari Bali. Ornamen-ornamen batu alam berwarna hitam mendominasi dinding-dinding pura. Selain itu keindahan lainnya juga tertuang dalam susunan atap bertingkat-tingkat atau yang disebut atap tumpang.Keindahan Pura Agung Jagat Karana juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Selain sebagai sarana peribadatan, pura ini juga menerima kunjungan wisatawan maupun akademis untuk berkunjung dan menimba ilmu.