Jajanan atau kuliner tempo dulu selalu meninggalkan ingatan manis bagi para penikmatnya. Selain rasa yang nikmat, kenangan dan pengalaman menarik ketika pernah mencoba membuat masyarakat susah move on dari berbagai hidangan klasik. Kali ini, Midtown Hotel Surabaya pun tak ketinggalan untuk ikut berinovasi dengan meluncurkan salah satu menu dessert Food Of The Month pada bulan April yaitu Es Gandul Tali Merang.

Es Gandul Tali Merang memiliki kenangan tersendiri bagi sebagian pecinta kuliner Indonesia tempo dulu. Disebut Es Gandul Tali Merang karena terbuat dari es serut yang dikepal. Kepalan es serut kemudian diberi sirup manis, lalu ditali dengan tali merang. Cara menikmatinya pun cukup unik, yaitu dari bawah terlebih dahulu dengan cara mengangkat tali merangnya. Tali merang merupakan batang padi yang biasa dipakai untuk aksesori. Selain sirup manis, terdapat juga pudding jeruk dan selasih yang akan menambah kenikmatan dalam rasa Es Gandul Tali Merang tersebut. 

Es Gandul Tali Merang telah ada sejak zaman penjajahan. Hal itu dibuktikan dengan keberadaan puisi Jawa atau tembang Jawa kala itu. Tembang tersebut digunakan untuk menyindir para penjajah, di mana mereka hanya mengeruk keuntungan dari rakyat Indonesia. Executive Chef Heru Atmadji juga berkata “Kita akan selalu memberikan yang terbaik kepada tamu dan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Es Gandul Tali Merang ini memiliki history yang indah khususnya di kuliner jawa timur. Cerita indah tersebut yang ingin kita tuangkan dalam segelas es nikmat”. Es Gandul Tali Merang ini dibanderol dengan harga Rp. 25.000 nett/porsi.