Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-726 Kota Surabaya pada 31 Mei esok, BUMN Pelindo III memberi kado spesial setinggi 25,6 meter dan berdiameter 15 meter. Hadiah tersebut berupa Patung Suroboyo yang mempercantik suasana Taman Bulak di Pantai Kenjeran.

Patung karya seniman Bali, I Wayan Inten, itu dibangun secara 3 bulan di Bali. Lalu dikirim dalam bentuk potongan-potongan yang diangkut melalui peti kemas ke Surabaya untuk proses penyelesaiannya. Tidak hanya patung, kawasan di sekitar patung juga dibangun menjadi Taman Bulak seluas 4.000 meter persegi yang ditanami berbagai jenis tumbuhan sebagai penyeimbang ekologi kota.

julajuli.com

Dalam konsep yang dikembangkan Pemerintah Kota Surabaya, Kawasan Wisata Kenjeran akan menjadi destinasi wisata yang terintegrasi. Patung Kenjeran yang dibangun Pelindo III akan menjadi ikon, Taman Bulak akan menjadi ruang publik yang asri dan terintegrasi dengan Sentra Ikan Bulak dan Kampung Nelayan. Jadi pengunjung taman dan pantai diharapkan bisa langsung membeli ikan segar. Sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi warga pesisir dan nelayan.

julajuli.com

“Pelindo III sangat mendukung konsep destinasi pariwisata yang terintegrasi dengan titik perekonomian warga kota seperti yang di Kawasan Wisata Kenjeran. Karena pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu fokus dari CSR roadmap Pelindo III. Ini juga menjadi wujud BUMN Hadir untuk Negeri, bahwa BUMN tidak hanya melakukan usaha dan membangun infrastruktur, tetapi juga memberdayakan masyarakat,” kata Doso Agung.