Digitalisasi Sistem Keamanan Lingkungan menghantarkan Poskamling RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo diganjar penghargaan oleh Kapolda Jawa Timur. Penghargaan itu disampaikan pada saat puncak kegiatan HUT Bhayangkara ke 73 Tahun 2019 Jawa Timur bertempat di Makodam V Brawijaya Surabaya Rabu, 10 Juli 2019.

 Penghargaan tersebut merupakan bagian dari kompetisi lomba Siskamling Kapolda Cup 2019 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur. Inovasi digitalisasi sistem keamanan lingkungan yang dilakukan di RT.23 RW.07 Sekardangan, Sidoarjo ini memang patut diacungi jempol, karena merupakan ide dan kreatifitas warga sendiri yang berkeinginan menjadikan kegiatan Poskamling menjadi lebih menyenangkan, efisien, praktis.

julajuli.com

Penggunaan aplikasi sederhana bernama “Sistem Keamanan Warga” atau yang disingkat dengan SIKARA mampu dimanfaatkan warga untuk memberitahukan kepada seluruh warga lainnya dengan cukup menekan tombol panic button yang ada dalam HP warga, selanjutnya akan ternotifikasi dalam bentuk suara alarm pada HP warga lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan saat ada warga yang mendapati keluarga sakit mendadak, warga meninggal dunia, ada perampokan, penculikan, pencurian dan saat ini juga telah dikembangkan tak hanya fungsi panic button namun juga digunakan untuk pendataan warga dan tamu yang menginap, juga dimanfaatkan untuk pengingat kegiatan warga seperti rapat warga hingga kegiatan kerja bakti. Dengan demikian akan semakin cepat dan mudah untuk segera terinfo dan tertangani oleh warga.

julajuli.com

Edi Priyanto Ketua RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo pasca menerima penghargaan mengatakan, warganya telah menyadari sepenuhnya bahwa keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. “Kegiatan ronda siskamling kami galakkan, tak hanya Bapak-bapak yang jaga diwaktu malam namun Ibu-ibu juga ikut terlibat jaga pada saat siang hari, kegiatannyapun bukan sekedar jaga namun dijadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antarwarga, sehingga hubungan semakin erat. Komunikasi yang baik ini bisa menjamin terjadinya kepedulian terhadap lingkungan yang semakin meningkat dan warga akan saling menjaga. Kegiatan ini juga sangat efektif untuk mendeteksi adanya terorisme maupun pencegahan terhadap tindak kriminal dan peredaran narkoba”, ujar Edi.