Pernah merasa kehilangan data di ponsel pintar? Jika iya, mungkin Anda salah satu dari 67% orang Indonesia yang jadi kesal karena datanya lenyap berdasarkan survei Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh DEKA Insight. Hasil survei yang dikomisikan oleh Western Digital Corporation ini disampaikan di hadapan awak media pada Rabu (10/7). Survei ini sendiri dilakukan di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.

Kehilangan data dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Terkadang kita harus menghapus data karena memori sudah penuh, atau perangkat yang kita gunakan rusak. Bisa juga karena virus, file yang rusak atau kehilangan perangkat.

julajuli.com

Tentunya, bila berurusan dengan data-data penting ataupun sentimental seperti foto, kita kerap dihadapkan dengan dilema. Kalau sudah seperti ini, backup menjadi jawaban. Sayangnya, hanya sedikit orang yang melakukan backup secara teratur. “Sebenarnya, sebanyak 81% orang sudah menyadari bahwa backup data itu penting. Tapi kenyataannya, hanya sebanyak 36% orang yang mem-backup data dari ponselnya secara rutin,” jelas Anggun Kumalasari, Research Manager DEKA Insight.

julajuli.com

Banyak yang merasa backup memakan banyak waktu. Pada pemaparan hasil tersebut, hadir pula Soetrisno Poerwadi, Channel Sales Manager Western Digital. Ia memberi salah satu opsi solusi untuk menjawab permasalahan tersebut lewat produk SanDisk yang ditawarkan, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand Flash Drives. (Naskah: Nancy, foto: Steven)