Talas merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak khasiat. Manfaatnya beragam, mulai dari menstabilkan tekanan darah, mengurangi rasa kelelahan, menjadi cadangan energi dalam tubuh sampai menyehatkan jantung. Memanfaatkan berbagai bagian dari tanaman tersebut, Ervin Triana, Excecutive Chef Hotel Santika Pandegiling berkreasi dengan tumbuhan ini.

julajuli.com

Ada tiga menu hasil kreasinya, antara lain nasi ubi talas, botokan daun talas dan sambal daun talas lompong. Hidangan inovasi Chef Ervin sendiri dibuat untuk saling melengkapi, dengan ubi talas sebagai pengganti nasi, botokan daun talas dan sambal daun talas lompong sebagai pendamping. Khusus untuk pengolahan lompong, diperlukan tahapan khusus. “Agar tidak gatal, lompong harus dicuci dulu, baru setelah itu dijemur sekitar setengah hari, sehingga getahnya berkurang,” jelas Chef Ervin.

julajuli.com

Tak perlu khawatir merasa bosan menikmati menu ini. Cita rasa sambal daun talas lompong yang mirip seperti lodeh, misalnya tak akan membuat Anda merasa seperti makan olahan talas. Selain itu, botokan daun talas yang mengandung daging ayam terasa amat gurih di lidah. Ketiga menu ini ditampilkan pada Kamis (25/7) di Kemangi Resto Hotel Santika Pandegiling.