Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang jatuh pada 10 Agustus 2019, perkembangan Financial Technology (fintech) lokal menjadi salah satu topik yang disorot. Terbukti, saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa sudah ada 113 perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin. Selain itu jumlah masyarakat yang paham tentang fintech pun mengalami kenaikan signifikan.

Tingginya perkembangan dan penetrasi fintech nampaknya menimbulkan tantangan baru, baik bagi masyarakat, pelaku industri, dan pemerintah, kekhawatiran terhadap perlindungan data pribadi.  “Perlindungan data pribadi konsumen di berbagai layanan berbasis teknologi di Indonesia menjadi salah satu fokus yang harus kita cermati bersama. Meningkatnya inovasi serta digitalisasi di era teknologi saat ini tentu harus diimbangi dengan sikap yang bijaksana dan mawas diri. Teknologi mampu membawa dampak positif yang signifikan bagi kehidupan sehari-hari kita, namun pada saat yang sama, juga mampu memberikan dampak yang merugikan jika tidak dimanfaatkan secara bijak,” ungkap Alie Tan, CTO & Co-Founder Kredivo dalam rilis yang diterima pada Kamis, (8/8). 

Menyikapi tantangan tersebut, masyarakat sebagai pengguna layanan dan jasa fintech dituntut semakin cerdas dan bijaksana dalam mengelola serta melindungi data pribadinya. Terdapat beberapa hal yang patut diperhatikan oleh masyarakat ketika hendak membagikan data pribadinya dalam platform fintech atau pinjaman online. Dalam rilisnya, Alie Tan membeberkan dalam beberapa langkah berikut: pertama, masyarakat harus mencari informasi lebih lanjut mengenai platform pinjaman, pastikan terdaftar secara resmi di OJK.

Selanjutnya adalah memperhatikan seluruh izin akses aplikasi, jangan terlalu mudah menyetujui beroprasinya aplikasi tersebut. Tak hanya itu, fitur kemanan juga tersedia bagi platform yang secara resmi terdaftar di OJK, aktifkan fitur keamanan sebelum bertransaksi. Terakhir, mengunduh aplikasi melalui sumber resmi seperti Play Store dan App Store juga menjadi langkah penting. (Naskah: Jeanne)