Maraknya go green dan say no to plastic juga digencarkan bertepatan dengan perayaan hari besar Idul Adha tahun ini. Tas Alena Spunbond merupakan salah satu perusahaan yang juga ikut serta dalam gerakan no plastic.  Ada sekitar 10.000 tas berbahan dasar spunbond dihadirkan di Suara Surabaya yang nantinya akan disalurkan kepada yayasan atau masjid yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban.

julajuli.com

Tas Spunbond memiliki keunggulan dibandingkan kantong plastik yang biasa di temui, selain dapat digunakan kembali, tas spunbond juga lebih kuat dibandingkan dengan kantong plastik yang mudah robek. “Kami terinspirasi dari ucapan Bu Risma, Walikota Surabaya yang mendukung gerakan mengurangi plastik di Surabaya terutama pada saat Hari Idul Adha. Sebenarnya yang kami ingin tekankan adalah pada sisi reuse, agar tas bisa digunakan berulang kali,” ujar Nunik Meilina, Financial Manager CV Alena Spunbond, Jumat (9/8).

julajuli.com

Meilina menambahkan, bahwa mengedukasi masyarakat memang tidak mudah, namun dengan adanya gerakan ini diharapkan masyarakat akan semakin paham akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik. Tas Spunbond sudah memiliki banyak peminat, tidak hanya di Jawa timur namun merambah hingga Bali. Terdapat 200 buah Tas Spunbond yang sudah disediakan untuk setiap yayasan, hanya dengan membawa fotocopy akta yayasan maka sudah bisa didapatkan mulai Sabtu (10/08), di Suara Surabaya pada jam kerja. (Naskah: Jeanne)