Buku bertajuk Lelaki Pertamaku yang merupakan kolaborasi karya dari 26 penulis perempuan diluncurkan untuk para pembacanya. Buku ini merupakan salah satu serial buku yang diterbitkan oleh komunitas Hidup Ini Indah Beib (HBBI) yang memuat berbagai karya penulis perempuan. Buku ini mengisahkan tentang cinta pertama seorang anak kepada ayahnya yang menjadi laki-laki pertama dalam hidupnya.

Wina Bojonegoro selaku Ketua Penulis dan CEO Padmedia yang ditemui saat peluncuran Lelaki Pertamaku memaparkan, topik ayah dipilih karena tulisan yang membahas ibu sudah banyak ditemukan, dan cinta seorang anak perempuan dan ayahnya memiliki rupa-rupa cerita yang menggambarkan rasa cita. Tak hanya sisi manis yang dituangkan, namun terdapat pula liku-liku kisah sedih. Seperti salah satu kisah milik Ayu Trisna, putri antropolog ternama, Naya Sujana, yang menuangkan penyesalannya karena tak sempat meminta maaf pada ayahnya hingga berpulang, dalam tulisan berjudul “Aku Mengenal Lelaki Itu”.

julajuli.com

Sebelum proses pembuatan buku, para penulis harus memalui tahap seleksi. Dari 55 peserta yang mengajukan diri, terpilih 26 peserta yang karyanya dirasa memiliki cerita dan tulisan yang tak hanya menarik namun juga menginspirasi. “Kami memiliki standar karya penulisan yang sejajar dengan para penulis professional. Ada yang idenya bagus tapi tulisannya hancur. Ada pula yang pandai bercerita namun tulisannya tidak terarah. Bahkan kami harus meminta beberapa dari mereka menulis ulang karyanya apabila memang masuk dalam tahap seleksi,” ungkap Wina Bojonegoro, Sabtu (10/8).

Terbitnya seri ke-empat Lelaki Pertamaku tak menghentikan gerakan menulis bersama yang dicetuskan Wina ini. Wina berharap peluncuran karya serial HIIB selanjutnya mampu memacu minat menuis para perempuan yang mulai memudar. (Naskah: Jeanne)