Si Putra Petir. Mendengar nama itu, sebagian dari kita pasti langsung teringat sosok pahlawan ciptaan seniman Harya Suraminata (Hasmi), Gundala. Kini, selain lewat film kisah sang patriot negeri dapat dinikmati dalam bentuk komik yang berjudul Gundala: The Official Movie Adaptation. Datang untuk mempromosikan komik ini, Is Yuniarto, General Manager Komik Bumilangit dan Ecky, salah satu creator komik tersebut hadir di Gramedia Tunjungan Plaza Surabaya, Jumat (30/8).

Gundala sendiri berkisah mengenai Sancaka yang hidup di jalanan sejak orangtuanya meninggalkannya. Menjalani kehidupan yang berat, Sancaka bertahan hidup dengan memikirkan keselamatannya sendiri. Ketika keadaan makin buruk dan keadilan berkecamuk di seluruh negara, Sancaka harus memutuskan, apakah dia harus menjaga dirinya sendiri atau bangkit menjadi pahlawan. 

julajuli.com

Agar Gundala tidak statis, para creator melakukan beberapa modifikasi pada karakternya. “Beberapa hal yang kita sesuaikan itu di antaranya adalah kostum, supaya sesuai dengan perkembangan zaman. Contoh lain adalah profesinya Sancaka. Dulu waktu tahun 70-an, dia adalah seorang insinyur, saat ini kita kan lebih kenal dengan istilah sarjana. Sekarang dia berprofesi sebagai seorang satpam,” jelas Is Yuniarto, General manager Komik Bumilangit. Ia menambahkan, komik ini merupakan pelengkap dari versi film yang digarap oleh sutradara Joko Anwar.

julajuli.com

Tanta Ginting dan Zidni Hakim, para cast dari versi film pun pada kesempatan yang sama, hadir untuk mempromosikan film yang sudah ditonton setengah juta orang di hari ketiga penayangannya ini. “Film Gundala sendiri sudah diakui di Toronto International Film Festival. Kalau orang luar negeri bisa menghargai film ini, kita juga harus lebih menghargai lagi, dong,” kata Tanta seraya mengimbau para pengunjung untuk menonton Gundala. Komik Gundala: The Official Movie Adaptation edisi reguler sendiri bisa didapatkan mulai Rabu (4/9) di Gramedia dengan jumlah terbatas.  (Naskah: Nancy)