Bagi para pemburu kopi, kualitas merupakan hal yang paling utama. Tak hanya soal cita rasa, namun perpaduan yang seimbang dalam kopi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Selasa, (01/10), bertepatan dengan Hari Kopi Sedunia, Novotel Samator Surabaya menggelar acara bertajuk Surabaya Coffee in Good Spirit. Acara ini merupakan ajang kompetisi nasional untuk para barista serta mixology .

julajuli.com

Tak hanya Surabaya, 40 peserta yang tergabung dalam kompetisi ini juga berasal dari berbagai kota di Indonesia, seperti Malang, Yogyakarta, hingga Bali. Surabaya Coffee in Good Spirit juga mendatangkan tiga juri yang punya banyak pengalaman serta lihai dalam meracik minuman. “Para peserta harus berkiblat pada standar yang sudah ada, not less powering or over powering, itu patokannya. Jika berubah, maka mereka harus bisa menjelaskan filosofi di baliknya,” ujar Aldho Goenawan, Pemenang Diageo World Class Indonesia 2017, sekaligus salah satu juri dalam kompetisi ini.

julajuli.com

Peserta harus memenuhi berbagai kriteria penilaian untuk dapat menyabet gelar pemenang, diantaranya adalah, tidak boleh melewati batas waktu yang sudah ditentukan, DNA dalam minuman yang dihidangkan harus seimbang, serta mendekati dengan kiblat yang sudah disediakan. “Mengikuti acara ini merupakan pengalaman yang baru untuk saya, grogi pasti, tapi masukkan para juri membuat saya semakin semangat untuk berkembang,” tutup Fajar Bayu, salah satu peserta Surabaya Coffee in Good Spirit. (Naskah: Jeane, foto: Yongky)