Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi dan dikenal hingga mancanegara. Bertepatan dengan Hari Batik, The Alana Hotel Surabaya memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk melihat serta mencoba melakukan pembuatan batik tulis dengan canting. Kegiatan ini dimulai pada hari Selasa (01/10) hingga Jumat (04/10) di area lobi Hotel The Alana Surabaya.

julajuli.com

Nabilla Humaria, Marketing Communication Manager mengungkapkan, “Kegiatan mencanting batik ini, The Alana Hotel Surabaya bekerjasama dengan UKM Kriya Punden Batik, untuk melestarikan kesenian batik dengan teknik pembuatan tradisional.” Di lokasi, Kusmiati, Ketua UKM Kriya Punden Batik terlihat telaten melukiskan corak batik dengan lilin di atas kain mori. The Alana Hotel Surabaya juga membuka kesempatan bagi para pengunjung untuk mencoba sensasi membatik sendiri.

julajuli.com

Batik dari UKM Kriya Punden Batik ini nampak tak biasa dan berbeda dengan batik pada umumnya. Selain adanya eco batik yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan dasar dedaunan, pemilihan corak yang digambar di atas kain juga sangat jarang ditemui. “Corak yang dipilih berbeda dengan batik kota lain. Batik yang kami hasilkan ini ingin menonjolkan sisi Surabaya-an, seperti hewan sura dan boyo, daun semanggi, dan masih banyak lagi,” ujar Kusmiati. (Naskah: Jeane)