Terminal Petikemas Surabaya (TPS) punya cara berbeda untuk merayakan Hari Batik Nasional. Mengajak wanita untuk lebih mengenal batik Jawa Timur, mereka mengundang Ribut Ernawati pecinta batik yang juga owner Na Collection, yang hadir bersama Perkumpulan Bangga Berkain Nusantara (PBBN) Surabaya untuk memberikan tutorial berkain cantik.

Total ada 7 gaya berkain yang diajarkan kepada undangan yang terdiri dari istri pegawai Pelindo III (Perispindo), serta para pegawai perempuan TPS dan Pelindo III Group, customer TPS baik shipping line maupun forwarding, Komunitas Perempuan Logistik dan Kepelabuhanan, instansi perbankan serta dari Asosiasi Pengguna Jasa.

 

julajuli.com

Erika A. Palupi, Legal & Commercial Manager TPS menjelaskan, momen ini sebagai  bentuk kepedulian TPS terhadap budaya dan potensi perempuan Indonesia, serta bagaimana perempuan dapat senantiasa berperan untuk kemajuan bangsa, dimulai dari diri sendiri. “Batik dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam masyarakat maupun dalam kaitannya dengan kedinasan dan karir. Belum lagi potensi usaha melalui batik, serta penampilan yang menarik saat mengenakan batik.” ujar Erika.

Melengkapi tutorial berkain, undangan menerima souvenir berupa kain batik yang kemudian dapat digunakan untuk mencoba berkain cantik sesuai tutorial yang diberikan. Acara semakin seru ketika hampir 200 undangan yang hadir, diberi kesempatan memamerkan karya berkainnya masing-masing, berjalan diiringi musik, serasa berada di catwalk. Alunan band keroncong modern mengiringi langkah mantap nan gemulai perempuan-peremupuan luar biasa yang dengan antusias dan penuh percaya diri, berjalan dan berpose menunjukkan rasa bangganya mengenakan batik. “Acaranya seru banget, kita jadi tahu cara berkain tanpa harus menjahitnya, tapi tetap cantik dikenakan,” ungkap salah satu customer TPS yang hadir dalam acara tersebut.