Dalam rangka merayakan hari batik yang jatuh tiap tanggal 2 Oktober, pusat perbelanjaan ITC Surabaya Mega Grosir, bekerjasama dengan APPMI DPD Jawa Timur menggelar Batik Fashion Festival 2019 pada Sabtu (05/10). Untuk Batik Fashion Festival 2019 kali ini, ada dua tema yang terpilih, tema pertama adalah neo ethnic untuk acara peragaan busana, dan tema kedua, zona laut, untuk kompetisi.

julajuli.com

Fashion show yang ditampilkan menghadirkan busana karya desainer muda berbakat yang ada di Indonesia. Dari style hijab hingga non hijab, semua ditampilkan dengan memadukan batik dengan mode terkini. Melia Wijaya, salah satu desainer yang menampikan neo ethnic dengan sentuhan harajuku ini mengungkapkan, “Setiap desainer punya sisi masing-masing yang ingin ditonjokan, untuk saya, saya menonjokan kesan fun dan unik yang bisa didapat dari mixed mono, yaitu perpaduan berbagai pola dari batik Cirebon” ujranya.

julajuli.com

Serangkaian kompetisi yang dihadirkan juga tidak kalah menarik, dari kompetisi kreatif sketch, cipta motif batik, lomba ilustrasi hingga top model untuk anak maupun remaja. Tema zona lautan dari kompetisi ini sekaligus mendukung gerakkan Save the Earth. Selain itu, acara Batik Fashion Festival 2019 ini juga menjadi ajang bagi para industri kreatif Indonesia untuk semakin giat memajukan karyanya melalui batik yang semakin mendunia. (Naskah: Jeane)